Arti BCWP, BCWS, dan ACWP dalam Manajemen Proyek

Dalam konsep Earned Value Management (EVM), terdapat istilah BCWS, BCWP, dan ACWP. Apa arti dari masing-masing istilah tersebut?

Berikut adalah penjelasannya.

Budgeted Cost for Work Schedule (BCWS) atau disebut juga Planned Value (PV) adalah jumlah anggaran yang direncanakan sampai dengan suatu periode tertentu berdasarkan jadwal pekerjaan yang akan dilaksanakan.

Budgeted Cost for Work Performed (BCWP) atau disebut juga Earned Value (EV) adalah jumlah anggaran yang direncanakan sampai dengan suatu periode tertentu berdasarkan aktual pekerjaan yang telah diselesaikan.

Actual Cost for Work Performed (ACWP) adalah jumlah biaya aktual yang dikeluarkan berdasarkan aktual pekerjaan yang telah diselesaikan.

Yang dimaksud dengan jumlah anggaran di sini adalah jumlah seluruh biaya yang direncanakan untuk melaksanakan pekerjaan tersebut, termasuk biaya-biaya overhead yang ada.

Contoh ilustrasi

Untuk memudahkan pemahaman perbedaan antara ketiga istilah tersebut, berikut adalah contoh perhitungan BCWS, BCWP, dan ACWP untuk sebuah proyek sederhana.

Misalnya Anda mendapatkan kontrak borongan dari perusahaan developer untuk mengerjakan pemasangan 10 buah lampu penerangan jalan di dalam suatu perumahan, dan disepakati waktu penyelesaian pekerjaan adalah 10 hari karena Anda hanya bisa menyelesaikan pemasangan 1 buah lampu penerangan jalan dalam 1 hari.

Katakanlah setelah dihitung, biaya yang dianggarkan untuk melaksanakan perkerjaan tersebut secara keseluruhan adalah Rp. 10 juta dengan biaya yang diperlukan setiap hari adalah Rp. 1 juta untuk setiap pemasangan 1 buah lampu penerangan jalan.

Sesuai rencana awal, setelah 5 hari kerja, Anda sudah selesai memasang 5 buah lampu penerangan jalan dengan biaya yang dikeluarkan sebesar Rp. 5 juta.

Namun ternyata, setelah 5 hari kerja, Anda baru berhasil menyelesaikan pemasangan 4 buah lampu penerangan jalan (40% dari seluruh pekerjaan yang harus dilakukan) dengan biaya yang sudah dikeluarkan adalah Rp. 3 juta.

Berdasarkan kondisi aktual tersebut, maka BCWS, BCWP, dan ACWP setelah 5 hari kerja adalah:

BCWS adalah Rp. 10 juta (biaya yang dianggarkan) x 50% (jumlah pekerjaan yang dijadwalkan telah selesai) = Rp. 5 juta.

BCWP adalah Rp. 10 juta (biaya yang dianggarkan) x 40% (pekerjaan yang telah diselesaikan) = Rp. 4 juta.

ACWP adalah biaya aktual yang telah dikeluarkan = Rp. 3 juta.

Dari perhitungan di atas akan terlihat bahwa kemajuan pekerjaan setelah 5 hari kerja adalah lebih lambat dari yang direncanakan dan biaya yang sudah dikeluarkan lebih kecil dari yang direncanakan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*