Apa Itu Manajemen Proyek?

Manajemen proyek adalah sebuah disiplin keilmuan dalam hal perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan (menjalankan serta pengendalian), untuk dapat mencapai tujuan-tujuan proyek, di mana proyek itu sendiri adalah kegiatan sementara yang dilakukan untuk menghasilkan suatu barang atau jasa yang bersifat unik.

Ilmu manajemen proyek ini adalah salah satu ilmu yang sudah ada sejak lama. Adanya bangunan bersejarah seperti piramid di Mesir yang diperkirakan dibangun sekitar tahun 2500 SM atau juga Candi Borobudur di Indonesia yang dibangun sekitar tahun 800 M yang tentu merupakan hasil suatu proyek konstruksi pada masa itu menjelaskan bahwa manajemen proyek sudah ada sejak itu.

Sabagai sebuah disiplin keilmuan, manajemen proyek terus berkembang dan terjadi lompatan besar di awal tahun 1900 an ketika Henry Gantt menperkenalkan apa yang kita kenal sekarang sebagai Gantt Chart sebagai alat untuk perencanaan dan kontrol, serta Henri Fayol mengembangkan teori lima fungsi utama manajemen, yaitu merencanakan, mengorganisasi, memerintah, mengkoordinasi, dan mengontrol.

Sejak saat itu ilmu manajemen proyek terus berkembang semakin cepat dan kompleks dan juga banyak terbentuk organisasi-organisasi internasional yang berkaitan dengan manajemen proyek dan juga pendidikan formal di bidang manajemen proyek, serta adanya sertifikasi yang berlaku baik secara nasional maupun internasional untuk profesional di bidang manajemen proyek.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*